Selasa, 22 Maret 2011

Asupan Gizi dan Nutrisi Makanan untuk Bayi

Asupan Gizi dan Nutrisi Makanan untuk Bayi

Protein
Sang anak dan ibu memerlukan banyak protein sebagai nutrisi penunjang pertumbuhan jaringan. Ibu mengkonsumsi 60 gram protein sehari, yaitu 20-36% lebih tinggi dari kebutuhan normal. Beberapa sumber protein hewani yang bisa dikonsumsi adalah ikan, seafood, unggas, daging sapi, hati, dan telur. Sedangkan untuk sumber protein nabati adalah tahu, tempe, kacang polong, dan kacang-kacangan.

Lemak
Lemak dapat membantu tubuh untuk menyerap banyak nutrisi. Lemak juga menghasilkan energi, dan menghemat protein untuk dimanfaatkan dalam fungsi-fungsi pertumbuhan.
Makanan yang tinggi lemak antara lain daging berlemak, susu, keju, mentega, margarin, dan minyak.

Karbohidrat
Karbohidrat dan serat adalah salah satu sumber energi penting. Bahan makanan sumber karbohidrat antara lain nasi, roti, sereal, gandum, dan pasta.
Serat sangat penting, terutama bagi wanita hamil yang sering mengalami konstipasi. Makanan berserat tinggi seperti misalnya padi-padian, buah segar, dan sayuran segar bisa mengatasi kesulitan buang air besar (konstipasi) tersebut.

Vitamin
Seorang wanita hamil memiliki kebutuhan vitamin dan mineral lebih tinggi dari biasanya. Buah-buahan dan sayuran memberikan berbagai vitamin dan mineral lebih banyak dibanding makanan lain. Buah dan sayuran lain yang juga penting untuk dikonsumsi adalah apel, pir, anggur, pisang, nanas, beri, jambu, mangga, pepaya, kurma, melon, wortel, bit, tomat, dan kembang kol. Konsumsi buah dan sayuran segar lebih disarankan dibanding buah/sayuran kaleng, karena jumlah gizinya yang lebih banyak serta tidak mengandung tambahan gula, garam dan lemak.







Kasus

Dari observasi yang saya lakukan kepada Danu tentang asupan(makanan) apa saja yang diberikan oleh ibu nya. Diperoleh data sebagai berikut : pada bulan pertama sampai umur dua tahun diberikan ASI ekslusif oleh ibunya. Memasukki bulan ketiga digabungkan dengan makanan pengganti seperti sereal untuk bayi. Pada bulan ke enam diberikkan buah seperti pisang. Lalu pada bulan kesembilan diberikkan makan seperti bubur tim berupa campuran nasi dan hati ayam yang diblender bersamaan.














Referensi : http://www.wyethindonesia.com/$$Asupan%20Nutrisi.html?menu_id=53&menu_item_id=5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar